My Blog List

Wednesday 1 November 2017

Nenden


Ayahku berasal dari daerah Sumedang dan ibuku berasal dari daerah Rangkasbitung yang keduanya adalah daerah dataran sunda. Cinta mereka pun tumbuh dan bersemi dikota Bogor. Dan lahirlah aku si bungsu kesayangan dari lima bersaudara keluarga pribumi tataran sunda ini. Samapai namaku pun memiliki nama alias, atau nama sapaan khusus.

Nenden , adalah nama sapaanku dalam keluarga. Nama Nenden berasal dari kata “Neng” dan “aden”. Yang memiliki arti nona muda yang harus selalu dilayani secara istimewa, karena sayang yang luar biasa dari keluarga untuk sang nona muda ini.

Tapi aku tidak seluruhnya memiliki ciri orang sunda seperti yang disebutkan dalam lagu panon hideung. Mataku sipit, bahkan waktu kecil tidak memiliki kelopak mata, dan mataku pun berwana coklat bukan hitam. Selebihnya ciri-ciriku sama dengan yang disebutkan dalam lagu. Yaitu hidung mancung dan kulit kuning.

Dalam keluarga ku budaya sunda sangat dipertahankan. Terutama sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Di mulai dari tatanan Bahasa, dalam Bahasa sunda ada beberapa tingkatan kehalusan Bahasa. Makin berumur lawan bicara kita maka makin halus juga Bahasa yang digunakan pada orang tersebut. Demikian juga bila lawan bicaranya memiliki pendidikan/pengetahuan lebih tinggi baik formal maupun non formal , di prioritaskan untuk disopan santuni. Sehingga kami yang lebih muda pun terbiasa dalam berbicara sangat berhati-hati.

Sikap ramah tamah juga sangat diterapkan, mungkin ini juga yang menjadikan Indonesia terkenal sebagai orang yang ramah tamah. Karena kebiasaan yang dijalankan terus menerus, pada akhirnya akan menjadi sumber tatakrama.

Bahkan gerak tubuh pun sangat diperhatikan. Karena gerak tubuh pun bisa berbicara, menghargai atau tidak nya seseorang terhadap orang lain di lingkungannya. Dan kebiasaan ini sudah diterapkan semenjak kami kecil dengan dicontohkan orang tua kami.

Jadi, mari kita kembalikan budaya Indonesia yang ramah dengan mengaplikasikan tata karma dari masing-masing daerah.

 

#30DayWritingChallange #jilid9 #squad1 #day22

 

 

No comments:

Post a Comment