My Blog List

Saturday, 4 February 2012

Hati Ampela Masak Kecap

Alhamdulilah dulu aku ga terlalu suka dengan yang namanya kecap, tapi sekarang suka ^_^ setelah mulai mengenal dunia perdapuran dan berteman dengan teman2 yang hobby memasak. Mungkin dulu masakan yang bernuansa kecap yang aku kenal cuma semur jadi aku  merasa kurang menikmatinya, tapi sekarang kecap yang aku tau bisa masuk dalam olahan makanan apa aza lho...dan nikmat hehehehehe. Salah satunya "Hati Ampela Masak Kecap" 


Hati Ampela Masak Kecap
( sumber: Melly Octaviana)

Bahan:
  • 5 buah hati dan 5 buah ampela (cuci bersih, resep asli dipotong-potong (aku gak ^_^))
  • 2 siung bawang putih cincang kasar
  • 1 ruas jahe, di potong panjang seperti batang korek
  • 1 buah serai di geprek
  • 2 helai daun salam (resep asli ga pakai)
  • 1sdm kecap
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • daun bawang di potong kecil-kecil untuk taburan
  • minyak untuk menumis
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukkan jahe, salam dan serai hingga harum kemudian masukkan bawang putihnya hingga harum dan kecoklatan
  2. Masukkan hati ampelanya lalu aduk rata dan tumis, beri sedikit air dan terus masak hingga airnya habis sehingga hati ampelanya tidak amis
  3. Masukkan kecapnya (resep asli di beri sedikit air jadi ada kuahnya, klo aku gak )
  4. Masukkan gula dan garam aduk hingga rata
  5. Angkat dan cicipi sebelum dihidangkan taburi dengan daun bawang
Note:
Klo aku sebelum masak hati ampela selalu aku rebus dengan air yang di beri garam sehingga saat dimasak hati ampelanya sudah matang ^_*

Selamat mencoba

4 comments:

  1. kalo orang indo masak ati memang di rebus dulu yah, tapi kalo orang sini mah ngga, kecuali buat sambal goreng ati.. ahh jadi mau makan sambal goreng ati ayam pake pete.. slurrp

    ReplyDelete
  2. hehehehe...soalnya aku di ajarin sama almrh. mamah gitu mba mell, kata mamah biar lemaknya ga terlalu banyak lemak jenuhnya yang ga baik jadi ga terpakai ^__^ , and sudah matang pula jadinya, jadinya masaknya ga khawatir blm masak hehehehehehe....
    thx for yr recipe yah mbaaa ...

    ReplyDelete
  3. gimana yah cara dapetin pacar ? ada yang mau sharing gak ?

    ReplyDelete