My Blog List

Friday 10 February 2012

English Muffin

Ceritanya gini dulu tuh aku ga mau ikutan masuk LBT soalnya takut ga kepegang, 2 baby tanpa asisstant. Teh Diah Raki juga pernah ajakin masuk waktu LBT baru berdiri ^__^

Kemarin2 ada kompor meledug yang rajin sekali semangatin aku buat masuk LBT namanya mba Eka Retna, anddddd ....hasilnya bergabunglah aku dengan LBT ( thx mbaaa  ^___* )

And PR pertama ku sebagai CA di LBT adalah english muffin,
tadinya aku pikir seperti muffin biasa yang aku buat
ternyata berbedaaa....untungnya aku ikutan LBT hehehehe...nambah ilmu

Waktu aku buat papitonya bilang .. momm buat dunat ya? bukan papp
lalu papinya lihat aku serching d mbah Google, katanya lagi momm mau buat bakpia?
hehehehe....tunggu aza hasilnya pap...


Nah, masih di panggang aza aa daniel and papito sudah bilang yummy
and bolak balik tanya sudah matang?
hasilnya jangan tanya deh, baru matang makan...makan...
eitsss...tunggu yang ini mau di foto dulu sebentar...
wkwkwkwk....setelah sesi pemotretan jangan tanya lagi yaaa...^_^

Aku pakai resepnya Titli's Busy Kitchen 
aku cocok pakai resepnya and biasa pakai resepnya *_^

ENGLISH MUFFIN:

500 gr (1 lb) plain flour
325 ml (10 fl oz ) warm water
1 tsp dried yeast
1 tsp salt
1tsp sugar
25 gr ( 1 oz) melted butter

Caranya:
  • Masukkan yeast, garam, dan gula kedalam air hangat. kocok atau larutkan, lalu diamkan selama 10 menit (adonan A) 
  • Ayak terigunya dalam wadah terpisah, lalu buat cekungan di tengah terigu dan masukkan butter, dan adonan A
  • Uleni hingga kalis, jangan lupa beri sedikit tepung saat menguleni
  • Lalu masukkan dalam wadah dan tutup dengan plastik hingga mengembang mentok sampai permukaan
  • Buka penutupnya, dan ratakan dengan roll hingga ketebalan 1/2 inci (12mm)
  • Kemudian potong dengan cookie cutter
  • Siapkan wadah yang di taburi tepung atau cornmeal atau fine semolina dan letakan adonan yang telah dicetak tadi di dalamnya
  • Sisa adonan dapat di uleni lagi dan di roll kemudian di cetak hingga habis tak bersisa
  • Tutupi dengan serbet, diamkan sekitar 30 menit
  • Lalu setelah 30 menit taburi lagi atasnya dengan maizena atau cornmeal
  • Siapkan wajan, sampai agak hangat. Lalu taruh adonan di atasnya (bisa 4 buah langsung)
  • Diamkan selama 2 menit lalu balik diamkan lagi selama 2 menit sampai totalnya kira-kira 15 menit (bolak batik setiap 2 menit)
Angkat dan siap dinikmati, aku menyajikannya dengan palleta strawberry dan teh hangat ...


Aku bilang ini recomemded lhooo...yummehhh...simple lagi...
enak buat ngeteh sore or breakfast, sooo try it guys
^___*

No comments:

Post a Comment