My Blog List

Tuesday 7 February 2012

Thai Green Papaya Salad (Som Tum)

Kemarin watu sedang main sama aa tiba 2 ada suara "GUBRAKK" cukup keras bunyinya .. aa bilang, mommy apa tuh? maka di carilah sumber nya. Kira2 ada apa yah ...ternyata eh ternyata ...pohon pepayaku patah ...
Duh...buat apa yah pepaya muda gitu? di buat rujak juga kurang yummeh sepertinya...oooo..iya, bikin yang seger2 agak pedas dari negri tetangga aza, dari Thailand yaitu : Thai Green Papaya Salad (Som Tum). Resepnya aku nanya2 sama mbah Google, n ketemu yang pas dengan lidahku  ^__^



Sumber : ( AG'S Food )
Modifikasi : by Me (hehehehehe....)

Bahan:

  • 1 buah pepaya muda, serut memanjang, sisihkan (aku pakai 3 buah pepaya, soalnya kecil2 n ternyata agak mengkaljadi warnanya orange, jadi aku campur aza sama yang warnanya masih hijau, gpp yaaaa :P)
  • 2 sdm kacang goreng
  • 2-3 sdm kecap ikan
  • 1 sdt gula
  • 1 buah tomat, belah jadi 6 bagian
  • mangga muda ( karena sdh habis mangga mudanya, maka aku ganti sama kemang #dalam rangka habisin kemang di kulkas juga sih hehehehehe)
Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
4 buah cabai merah (tergantung suka pedasnya yah....^__* )
1 sdt ebi, rendam air panas sampai mekar

Cara Membuat:

  • Haluskan bawang putih, cabe merah dan ebi
  • Masukkan kacang goreng, tumbuk kasar
  • Tambahkan pepaya serut, kemang dan tunggu sambil diaduk-aduk
  • Tuangkan kecap ikan, air jeruk nipis, gula dan tomat 
  • Aduk rata dan segera sajikan
Saran aku yah...cabenya jangan terlalu banyak, aku pakai 4 kepedasan nih...karena eh karenaaaaa...(gaya roma irama yah :P ) pepaya itu meresap sekali sama bumbu-bumbu nya...ini hasilnya huaaaaa....pedassss

Selamat mencoba dan berkeringat temannnzzzz ^___*

oya...pulang sekolah aa daniel bawa karya nya "mommy ...lihat nih" , duhhh senang...bangga rasanya jadi mommynya daniel, cape yang terasa pun langsung hilang  :D


Bagus kan karya aa Daniel? dulu sepertinya waktu aku usia 4tahun seperti aa blm bisa deh seperti ini hehehehe ...alhamdulilah cita-citaku tercapai klo aku ingin anakku better than me ^__^

No comments:

Post a Comment