My Blog List

Thursday, 29 March 2012

Asam Manis Jambal Roti

Masih punya stock jambal roti nih di lemari
sarapan pagi ini ga ke tukang sayur
buat yang nikmat yuks ^_^


Asam Manis Jambal Roti

Bahan:
300 gr ikan jambal roti

Bumbu:
1/2 buah paprika merah, potong tipis
3 buah cabe hijau, iris tipis
1 buah tomat, potong-potong
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkoas, iris tipis
1 ruas jahe, iris tipis
1 sdm gula merah, sisir
1 sdm air asam
200 ml air
minyak secukupnya

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica

Cara Membuat:
  • Cuci bersih ikan jambal, potong-potong. Goreng, angkat dan sisihkan
  • Panaskan minyak tumis bumbu halus,cabe , tomat, daun jeruk, jahe dan lengkoas hingga harum
  • Tambahkan air ,gula merah, asam. Masak hingga matang dan kuahnya mengental
Papitonya aza yang ga suka ikan asin bilang yummeh
pas di masak sampai cepet-cepat mandinya
keluar kamar mandi bilang 
mommm ... masak apa sih? harum sekali bikin lapar xixixixi ^_^

Burger Tempe

Ini bekalnya aa tadi pagi ...
mommy and papito makannya steak tempe
buat aa sekolah yang praktis aza ^_^



Burger Tempe

Bahan:
2 lembar roti tawar
1 buah telur mata sapi
1 buat steak tempe
Tomato Sauce

Cara membuatnya:
  • Siapkan roti tawar , beri steak tempe, chesse sauce , telur mata sapi dan tomato sauce lalu tutup dengan roti lagi deh
Dan daniel pun suka dengan bekalnya ^_^

Wednesday, 28 March 2012

Petis Kangkung

Lama rasanya ga masak sayur kangkung
tapi kali ini karena masih punya stock petis aku mau combine aza


Petis Kangkung

Bahan:
2 ikat kangkung
1 potong tahu , potong dadu, goreng
3 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih , iris tipis
5 buah cabai merah , iris tipis

Kuah Petis Kangkung:
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm petis
2 sdm kecap manis
2 sdm air asam
1/2 sdt garam
100 ml air

Cara membuat:
  • Rebus kangkung sampai matang. Angkat dan tiriskan
  • Tumis bawang merah , bawang putih dan cabai merah hingga harum
  • Masukkan bahan kuah petis, masak hingga matang
  • Tata kangkung dan tahu goreng , siram dengan kuah yang sudah matang tadi



Tahu Petis

Waktu jalan-jalan ke supermarket kemarin 
tiba-tiba lihat kemasan petis
tumben sekali ada petis ^_^
dulu waktu main ke rumah kakak ku, aku pernah di suguhin
tahu petis dan rasanya enak...
emmmh .... jadi pingin buat deh...
tapi alasan utama nya sih sebetulnya pas lihat kemasan petis ini
ingat sama suamiku tersayang ^_*
suamiku kan orang jawa timur, and aku belum pernah masak dengan petis
pasti papito senang deh kalau aku buatan "sesuatu"
makanan yang mengingatkan asal daerahnya ...
so .. mau buat hati papito senang ahh ...


Tahu Petis

Bahan:
10 buah tahu, goreng

Petis:
3 sdm petis
1 sing bawang putih
1/2 sdm gula jawa
1/2 sdt garam
minyak goreng
cabe rawit

Cara membuat:
  • Haluskan bawang putih dengan garam, lalu masukkan gula merah dan petis. Haluskan kembali hingga tercampur rata
  • Tahu yang sudah di goreng pelah menjadi 2, tapi jangan sampai terputus
  • Olesi bagian tengah tahu dengan peris
  • Sajikan dengan cabe rawit
Alhamdulilah Papito suka .....
aku juga suka heheheh ... nikmat sekali rasanya ^_^

Tuesday, 27 March 2012

Steak Tempe

Lagi-lagi selalu ngiler klo ke pasar lihat tempe pake daun
padahal itu porsi besar ... hikss ...
setelah beli baru bingung mau diapain nih tempe :P
so .. coba2 aza deh, buat yang satu ini



Steak Tempe

Bahan:
300 gr tempe, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt lada putih
2 shaset masako rasa sapi
2 butir telur
2 sdm margarine

Cara membuat:

  • Tempe di haluskan lalu campur dengan bawang putih, lada putih dan masako, di uleni lalu masukkan telur. Setelah itu bentuk pipih seperti steak, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit agar bumbu meresap
  • Panaskan wajan, goreng steak hingga kecoklatan. Angkat, sisihkan


Black Pepper Sauce :
1/2 siung bawang bombay, iris tipis
2 sdm terigu
1 sdt lada hitam, tumbuk kasar (aku pake yang halus)
saus tomat
saus sambal
kecap manis
100 ml susu cair
margarine

Cara membuat:
  • Panaskan wajan, masukkan margarine lalu bawang bombay di tumis hingga layu. 
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus di aduk
  • Masukkan susu, sambil terus di aduk
  • Masukkan kecap, saus tomat dan saus sambal, cicipi
  • Jika rasanya sudah pas, angkat dan tuang di atas steak tadi

Alhamdulilah .... nikmat, tapi aku lebih suka makannya pakai nasi hehehe
ini jadinya 4 buah yah ... ^_^


Potato Cheese

Lagi lihat-lihat personal posting di Hp
Lihat fotonya mba Reny Martiana 
waww ... so delicious
langsung aza aku tanya ke yang punya foto ^_^
thx ya mba ... ternyata gambarnya menggambarkan rasanya yang delicious
aku lupa ga sempat nanya namanya apa
jadi aku kasih nama aza sendiri heheheh ....


Potato Cheese
by : Reny Martiana

Bahan :
(aku pakai 2x resep)

4 buah kentang ukuran sedang
(kupas, potong-potong sedang, kukus 15 mnt)
300 gr brokoli
(bland sebentar)

Cheese Sauce:
4 sdm margarine
2 buah bawang bombay
(ukuran sedang, cincang)
4 siung bawang putih, cincang
2 sdm tepung terigu
500 ml susu cair
200 gr keju parut

Cara membuat Cheese Sauce:
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine hingga wangi dan layu
  • Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata dan matang
  • Tuang susu cair , masak sambil aduk hingga meletup dan mengental
  • Kemudian masukkan keju parut, aduk rata
  • Matikan api, angkat
Penyelesaian:
  • Tata kentang dan brokoli di pingkan tahan panas, siram dengan Cheese Sauce, panggang hingga matang


Alhamdulilah papitonya suka.. bahkan sampai ghaisan juga suka lhoo ^_^

Sunday, 25 March 2012

Rainbow Puding

Sebetulnya sdh sering sekali buat puding yang stu ini
tapi selalu aza ga sempat di foto
selalu langsung di serbu ama daniel ^_^
untuk kali ini, stoppp please mommy mau foto sebentarrr aza
and ijinkan di berikan dengan syarat 2x foto aza ya momm wkwkwkwk


Rainbow Puding
Sumber : Mba Melly ,
modif : by me

Bahan A:
1 bungkus agar-agar swallow globe plain
1/2 cup gula pasir (aku ga terlalu suka terlalu manis)
4 gelas air (1 ltr air)
5 helai daun pandan

Bahan B:
1 bungkus agar-agar swallow globe plain
1 kotak dantan instant 200 ml
1/2 sdt garam
800 ml air

Bahan C:
pewarna
( aku pakai, coklat , pink dan blue, satunya di biarkan warna asal)

Cara membuat:
  • Masak bahan A dan B hingga mendidih dalam panci yang berbeda
  • Karena mau membuat 4 warna, ambil 1 gelas dari bahan A lalu tuang, hingga setengah keras lalu ambil bahan B dan tuang diatasnya
  • Untuk lapis selanjutnya, ambil bahan A 1 gelas dan beri 1 tetes pasca moca, lalu tuang di atas puding yang setengah mengeras di lapisan bahan B yang plain tadi
  • Begitu pula untuk lapisan seterusnya ... ^_^
Catatan:
  1. Tuangnya menggunakan sendok yah, biar tidak menembus kelapisan sebelumnya
  2. agar-agar yang belum di tuang sebaiknya di panaskan dalam api yang sangat kecil agar tidak membeku
  3. agar proses pembekuan melapis cepat , taruh wadah di atas nampan berisi air dan beri kipas angin
  4. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat ^_*

Saturday, 24 March 2012

Nasi goreng teri

Pagi ini sarapan simple aza ahh ...
soalnya mau angkut-angkut barang hehehe
biar ada tenaganya makan yang mengenyangkan 
ala orang Indonesia tulen


Nasi Goreng Teri
by : Me

Bahan:
2 piring nasi
100 gr teri, goreng garing
1 buah cabe merah besar, iris serong
1 buah cabe hijau besar, iris serong
2 sdt lada
1 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdm oyster souce
1 sdm kecap inggris

bumbu  halus:
6 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 butir kemiri

telur:
2 butir telur
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk

Cara membuat:
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan nasi, teri, lada, garam, kecap manis, kecap inggris, oyster souce, babe merah dan cabe hijau
  • kocok lepas telur dengan garam dan lada, buat dadar
  • sajikan 
alhamdulilah ...nikmat.....
kenyang ^_^

Friday, 23 March 2012

Ayam Panggang Ala Kenny Rogers

Kemarin malam ... pulang kerja papitonya bilang pingin
makan ayam panggang ...
emhh ... lama juga sih ga buat ayam panggang :P
tapi sempet kecewa sedikit waktu beli ayam, 
masa penjual ayam jaman sekarang gitu deh ...curang ...
masa sayapnya sudah di potong :(


Ayam Panggang Ala Kenny Rogers
Sumber HaNa's Family
Modif : by Me

Bahan:
1 ekor ayam , cuci bersih
3 siung bawang bombay
4 siung bawang putih
1 sdm jahe bubuk (yg aku gunakan)
3 sdm oyster souce
2 sdm kecap manis
2 sdm sari kurma (yang aku gunakan)
3 sdm lada hitam bubuk (yang aku gunakan)
2 sdm gula pasir
1 sdm garam
1 sdm mentega

Cara Membuatnya:
  • Blend bawang bombay, bawang putih dan jahe. Beri sedikit air
  • Letakkan dalam wadah bersama dengan bumbu yang lainnya
  • Lumuri ayam dengan bumbu (bagian dalam dan luarnya)
  • Diamkan beberapa saat, aku lebih dari 2 jam
  • Lalu bakar selama 1 1/2 jam tau sampai ayam matang, dan setiap 1/2 jam lumuri ayam dengan bumbu. Tujuannya agar ayam tidak menjadi terlalu kering
  • Sajikan ayam dengan bumbu yang menetes pada saat pemanggangan
Kebetulan kemarin tiba2 aza teman-tman papitonya datang
jadi kita makannya sama-sama
alhamdulilah semua suka  ^_^

bahkan ada yang bilang, kalau masak lagi aku bersedia jadi pencicip nya
wkwkwkwkwk ...senang rasanya bisa membuat orang lain senang .... ^_*

Thursday, 22 March 2012

Kolak Biji Salak

Lama tidak makan kolak biji salak
kebetulan kemarin untuk menu ade beli ubi merah agak banyak
bagi 2 ada deh, biar bisa buat kolaknya hehehehehe ^_*
aku pakai resepnya NCC


Kolak Biji Salak

Bahan :
500 gr ubi merah, kukus haluskan
3 sdm sagu
500 gr gula jawa
1 lt air
500 ml santan kental
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

Cara Membuat:
  • Masukkan sagu kedalam ubi halus, uleni hingga rata, buat bulatan
  • Sementara itu masak gula jawa dengan air hingga mendidih dan gula larut
  • Masukkan bulatan ubi kedalam larutan gula yang mendidih, biarkan hingga mengapung, matikan api
  • Masak santan, garam dan pandan sambil di aduk hingga mendidih, angkat
  • Selamat menikmati ^_^


Alhamdulilah, sejauh ini masakanku di selalu laku keras di rumah hehehee
setiap masak pasti langsung kandas
begitu pula dengan yang satu ini hehehehehe ^_^


Kulit Lumpia

Kulit lumpia siap pakai yang aku pakai kemarin ternyata cepat kering 
bila di diamkan dalam suhu ruang
sempat bingung ... sayang sekali jika hatus terbuang begitu saja ...
sedangkan isinya 1 bungkus ada 50 lembar dan aku baru pakai setengahnya


Terlintas ide di kepalaku, sisa dari kulit lumpia yang sudah mulai mengeras
aku simpan di dalam freezer
esoknya sewaktu akan aku pakai ...taruh dahulu kulit lumpianya di suhu ruang
hingga tidak dingin...
dan hasilnya, ketika akan aku pakai untuk membungkus risoles
kulit lumpia tidak keras lagi, tapi seperti baru dan siap di gunakan ^_^

Risoles Bihun

Niatnya sih mau buatin camilan buat papitonya
soalnya kalau pulang kerja suka nyamil ...
emhhh ... sekalian habisin kulit lumpia aza ah
kan kemarin habis buat batagor dan siomay cuma habis setengahnya ^_^


Risoles Bihun

Bahan:
Kulit lumpia siap pakai ( lagi males buat sendiri hehehehe )
1 bungkus bihun (yang kecil , pakai 1 aza)
1 buah wortel, kupas, potong kecil-kecil
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdm oyster souce
1 sdm minyak
air secukupnya

Cara membuatnya:
  • Rebus bihun dengan air hingga air mendidih, angkat dan tiriskan
  • Panaskan wajan yang telah di tuangi minyak lalu masukkan bihun, wortel, garam, lada dan oyster souce, aduk sebentar
  • Angkat biarkan sejenak
  • Siapkan kulit lumpia, bentangkan, taruh 1 sendok bihun di atasnya (dalam keadaan memanjang), lipar bagian atas dan bawahnya
  • Lakukan hingga habis, lalu goreng dalam minyak panas hingga keemasan
Tak di sangka dan tak di duga ... jadinya cukup banyak heheehe
ghaisan minta nenen, jadi nenenin ghaisan dulu deh
pas kembali ke meja ... ckckckck ...tinggal 3 buah aza dari 2 piring yang tersaji
aa bilang " yummy mommm ...."
heran campur senang jadinya bengong deh hehehehehe
jadinya papitonya pulang kerja cm kebagian 3 buah aza deh xixixixixix



oyah ... ada tips kulit lumpia ... dilihat yahhh ^_^

Vegetable Salad

Malam ini papito nya lembur ...
menemani papito tersayang lembur lama-lama lapar juga hehehehe ^_^
mamam apa yah yang ga buat gendut
buka-buka kulkas mayoritas isinya sayuran ^_*
ya sudah .... kita buat yang sehat aza yuks...


Vegetable Salad

Bahan:
1 buah wortel, kupas, parut pakai lubang terbesar
1/4 kol iris tipis
2 buah egg ,rebus , hancurkan
250 gr kacang merah, rebus

Cara penyajian:
  • Tata semua bahan dalam wadah
  • Tuangi dengan mayonise ( aku pakai thousand island)
  • Selamat menikmati ^_^
Ternyata kenyang .... 
Semoga aza ASI nya banyak ... and ga jedi tumpukan lemak yah ^_* 

Wednesday, 21 March 2012

Manisan Curuluk / Kolang Kaling

Dulu .. pernah ngobrol-ngobrol sama mertuanya kk yang jago masak
pernah di kasih tau caranya buat manisan Curuluk yang enak
tapi...karena sebatas ngobrol ... jadi ilang deh dari ingatanku caranya gimana
hehehehe ... maaf yah mamah onie ^_^
Terus kemarin ada yang posting ...
Beuhhh ... kebetulan kan ...langsung aza aku tanya caranya gimana
kebetulan yang posting temen baik namanya Ully 


Manisan
Curuluk / Kolang Kaling

Bahan:
1 kg curuluk / kolang kaling
(pilih yang bentuknya bagus dan tidak keras)
250 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
10 lembar daun jeruk
air cucian beras dan air mendidih scukupnya

Cara Membuatnya:
  • Cuci kolang kaling hingga bersih, lalu rendam dengan air cucian beras semalaman (tujuannya untuk menghilangkan lendir pada kolang kaling)
  • Keesokannya, cuci kembali kolang kaling dengan air bersih, angkat dan tiriskan
  • Lalu masukkan ke dalam air hingga airnya mendidih, angkat dan tiriskan
  • Masak gula, daun pandan dan daun jeruk, masukkan kolang kaling dan beri pewarna 2 tetes
  • Air nya bisa agak di perbanyak sebagai kuah pengganti sirup
  • Setelah mendidih angkat dan dinginkan, lalu masukkan kekulkas
  • Sajikan dingin lebih enak ^_*



Tadinya papito waktu baru mau buat aku tanya suka ga pap?
Katanya lihat nanti aza momm....
Sepertinya papito belum pernah makan ini
Tapi... setelah jadi dan pulang kerja aku sajikan ini...
Jangan tanya yah ... ^_^
enak momm ... segar ... sambil bolak balik ambil sendiri ..
and ujungnya request minta di buatin lagi ..soalnya langsung kandas
daniel pun suka .. walaupun awalnya aku bilang
ini pusing loh aaa...soalnya kalau langsung bilang kolang-kaling
pasti akan di tolak hehehehe ...
daniel pun sama dengan papito ...jangan di abisin donk daniel suka hehehehe....

Tuesday, 20 March 2012

Batagor


Camilan aa Daniel hari ini sebetulnya sama dengan mommy
cuma mommy versi kukus and aa versi goreng ^_^


Batagor sendiri sebetulnya aku buatnya dari bahan yang sama
dengan siomay , yang membedakannya cuma di penyelasaiannya saja
jika siomay di kukus maka untuk batagor di goreng ^_^


Menu today sebetulnya ...
Komplitnya ini ...
Batagor dan siomay ^_^
Klo batagor Aku buat untuk aa Daniel.
mommy tahu aa Daniel pasti suka dengan kriukk nya ^_*
And buat mommy and papito makanan sehat Siomay
Soalnya siomay kan di kukus hehehehehe ....


Nyamm ... daniel pun menyerbu batagornya ^_^



Siomay Bandung

Pingin makan siomay Bandung deh ...
tapi ga berarti harus ke bandung kan ? hehehehehe ...
mahal di ongkos pula klo cuma nurutin kepingin mah  :P
emmmh ... buat siomay Bandungnya NCC aza yuks ^_^
tapi ini modified by me yah ...


Siomay Bandung

Bahan:
1/2 kg ayam 
250 gr udang kupas
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdt lada bubuk
3 sdm gula pasir
3sdt garam
1 sdm minyak
3 butir telur
450 gr sagu

Cara membuat:
  • Ayam di rebus, kemudian pisahkan dari tulangnya dan blender bersama udang, bawang merah, bawang putih, lada, gula, garam, minyak dan telur
  • Masukkan sagu dan aduk hingga rata
  • Ambil satu lembar kulit siomay , isi dengan adonan, benruk rempel ke atas.
  • Rebus kentang, kupas kulitnya
  • Rebus telur , belah menjadi 2 bagian
  • Potong-potong pare, buang bijinya , isi dengan adonan
  • Taruh di atas loyang yang telah di oles minyak , kukus selama 20 menit 



Sambal Kacang :

250 gr kacang tanah, goreng, blender
10 buah cabe rawit
3 buah bawang putih
1 sdm cuka
1sdm garam
4 sdm gula pasir
minyak secukupnya
250 gr ubi merah, rebus
750 ml air matang

Cara Membuat:
  • Blender ubi merah dengan air hingga halus
  • Hakuskan cabe rawit dengan bawang putih
  • Panaskan minyak, tumis cabe halus dan bawang putih halus hingga harum, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata . Biarkan hingga mendidih
  • Matikan api, masukkan garam, gula, garam, cuka, cicipi


Selamat Menikmati ^_^

Monday, 19 March 2012

Tahu gejrot

Lapar ....
bikin camilan cepat yuks ^_^
Segar sepertinya jika buat tahu gejrot, ngiler lihat postingannya Madam Breton
untung ada tahu di kulkas xixixixi


Tahu Gejrot

Bahan :
Tahu kulit 10 buah
( goreng , lalu potong-potong)

Bahan kuah:
Gula merah 1 potong
Asam 2sdm 
(aku suka asam nya terasa)
Kecap manis 2sdm
Garam 1 sdt
Air 350 ml

Sambal :
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah rawit

Cara membuatnya:
  • Masak semua bahan kuah hingga mendidih, lalu angkat dan saring
  • Tata tahu yang sudah di potong dalam wadah, lalu siram dengan kuah
  • Sambal nya: tumbuk kasar semua bahan
  • Terakhir beri sambal di atas tahu
  • Selamat menikmati ^_^


Papito suka loh ... sampai nambah lagi ...
Kalau yang sebelahnya tanpa sambal untuk aa ^_^

Kue Hidung

Masih berhulat dengan pastry
dan masih sedikit malas untuk masuk dapur, tapi karena aa piingin camilan
buat yang praktis lagi aza yuks
hehehehe ... inspirasi teh vivi lagi nih :P
ga tau mana yang betul nama kue ini
 ada yang bilang kue hidung ... kue kupu-kupu .. kue hati ...
yang penting rasanya n praktisnya aza deh ^_^
yuks ... cuma sebentar aza kok

  • Pertama ambil pastry, beri sedikit air di atasnya atau tepatnya beri cipratan air



  • Kedua, peri sesendok teh gula pasir. Taburkan 




  • Selanjutnya lipat ke dua sisinya hingga bertemu



  • Masukkan ke dalam kulkas, kurang lebih 30 menit . Keluarkan lalu potong-potong sesuai selera dan oven pada suhu 190c selama 10 menit


  • And the end jadi deh kue hidung yang yummeh, lagi-lagi tak bersisa loh ...hup ...hup ... masuk ke dalam mulut daniel ^_^







Friday, 16 March 2012

Gulai Ceplok

Aa Daniel sekang bagus nafsu makannya
cuma belakangan ini requestnya egg terus ...
ga apa-apa deh selama ga menimbulkan hal buruk seperti bisul hehehe
biasanya aku buatinya orak-arik, dadar, dan mata sapi
tapi kali ini mau coba sesuatu yang beda ahh...
Sebetulnya terinspirasi sama postingannya mba melly 
tapi yang ini bumbunya aku tambah-tambah heheheheheheehe



Gulai ceplok

Bahan:
6 butir telur, buat mata sapi
1 buah cabe merah, iris pipih
1 buah cabe hijau, iris pipih
1 siung bawang bombay, belah 2 , iris panjang
2 siung bawang putih, iris kasar
1 sdt ketumbar
2 lbr daun salam
1 buah serai, geprek
1 cm lengkuas
1 cm kunyit
1 sdt garam
1/2 sdt gula
200 ml santan kara +200 ml air

Cara membuatnya:
  1. Masukkan bawang bombay, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai ,santan dan air
  2. Aduk hingga mendidih, lalu masukkan telur mata sapi
  3. Masukkan kunyit, ketumbar, garam, gula
  4. Jangan di aduk-aduk nanti mata sapinya rusak, biarkan sesaat sampai mendidih lagi
  5. Angkat lalu taburi dengan cabe merah dan hijau


Hasilnya ....
jangan di tanya ... aa makannya lahap sekali
and papito nya juga bilang ...yummy momm sensasi yang berbeda ^_*


ini salah satu pantai fav nya aa ...gili trawangan .... ^_^

Kastengel

 Siapa sih yang ga suka sama kastengel?
apalagi klo menemukan cara buatnya yang super duper cepat
buat yuks... ^_^

Cara membuatnya:
1.  Siapakan pastry, taruh dalam loyang


2. Potong-potong pastry sesuai selera


3. Parut keju di atas nya yang banyak yah hehehehehehe ^_*


4. Panggang dalam oven dengan suhu 190c, selama 10 menit. Jadi deh ....


Karena daniel suka sekali sama pastry and cheese
jangan di tanya yah ..ini ga sempat masuk toples langsung habis
wkwkwkwkwk ...untung masih sempat untuk
di abadikan sedikit :P
o iyah aku dapat ini dari teh vivi

Nugget Tempe

hehehehe sebetulnya buat ini sekalian sama menu nugget tempe nya ghaisan
soalnya biar sekalian cape di dapurnya ^_*


Nugget Tempe


Bahan:
1 buah Tempe sedang, kukus haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
2 batang daun bawang, iris halus
1 sdm oat meals
1 butir telur, kocok lepas
tepung panir
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt merica
(jika suka pakai daging tambah sedikit campuran daging)
*aku ga pakai gula, garam, merica and daging,
soalnya buatnya sekalian sama buat ghaisan
yang masih no gula no garam


Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, aduk rata lalu tempatkan di wadah
  • Kukus Tempe nugget hingga matang
  • Keluarkan dari wadah , potong-potong
  • Gulirkan pada tepung panir, telur, dan tepung panir lagi
  • Simpan dalam kulkas beberapa saat
  • Goreng hingga coklat keemasan


Papito sih suka, bahkan di buat camilan nonton tv
sambil colek ke saus sambal and mayonaise
^_^


Nugget Tempe

Buat Variasi mamam nya ade yuks...
karena ade sudah 8+ bulan
salah satu variant yang di recoment adalah


Nugget Tempe

Bahan:
1 buah Tempe sedang, kukus haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
2 batang daun bawang, iris halus
1 sdm oat meals

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, aduk rata lalu tempatkan di wadah
  • Kukus Tempe nugget hingga matang
  • Segera berikan pada baby

Alhamdulilah Ghaisan suka loh ...
lahap lagi mamam nya walau sedang agak tidak enak badannya

Foto ini i ambil tanggal 7 juli 20011 berarti 1 minggu setelah kelahiran ade
tapi sudah bisa bergaya ala pahlawan bertopengnya shinchan
^_^


Beef Teriyaki

Salah satu kesukaanku kalau aku makan si salah satu restaurant favorit
cuma .. sayang sekali, aku lupa beli paprika wkwkwkwk
tadi malah beli cabai hijau dan cabai merah
ya sudahlah ... kita ganti saja paprikanya dengan cabai heeheheheh


Beef Teriyaki

Bahan:
500 gr daging
2 sdt jahe bubuk
2 sdm asam
2 sdm kecap inggris
1 sdt garam
 1 sdt gula
 2 sdt merica
2 siung bawang putih , cincang kasar
1 siung bawang bombay, belah 2 , potong panjang
1 sdm maizena, larutkan dengan 1 sdm air
2 buah cabe hijau, buang bijinya , potong-potong
2 buah cabe merah, buang bijinya, potong-potong

Cara membuatnya:
  • Iris-iris dagingnya (iris memanjang. jangan terlalu kecil, tapi tipis)
  • Masukkan bawang bombay, bawang putih, jahe, asam, kecap inggris ke dalam wadah daging. biarkan beberapa saat hingga meresap
  • Beri sedikit air pada daging, panaskan wajan. Biarkan hingga air berkurang dan daging empuk
  • Maukkan gula, garam, merica dan potongan cabai
  • Terakhir masukkan laritan maizena untuk mengentalkan kuahnya



Seneng rasanya dapat pujian dari papitonya 
"yummy momm .... ^_^ "
papitonya sampai nambah 3x lho heheehehe...

apalagi daniel juga bilang 
"masakan mommy enak ... enak " duhhhh love u dear ^_*
and thank you

Ala hoka-hoka bento

Gara-gara lapar mata nih ceritanya di tukang sayur :P
beli wortel (habis warnanya segar sekali)...
beli lobak juga yang jarang ada di tukang sayur
padahal blm tau mau diapakan ini sayuran
ya sudah deh pas sampai rumah terbersit untuk
membuat masakan ala hoka-hoka bento
soalnya kami sekeluarga suka sekali ^_^
sebetulnya aku ga suka jajan junck food tapi menurutku
yang ini better dari yang lain heheehhehe...
jadi sesekali no problem deh ... dimaafkan jajan junck food


Ala Hoka-hoka Bento
kali ini isinya ada:
Nasi merah (tapi aku campur dengan nasi putih)
soalnya masih dalam tarap pengenalan sama daniel
klo langsung nasi merah takutnya langsung ditolak hehehe
papitonya juga ga terlalu suka nasi merah 
ga ada rasa katanya....
tapi demi kesehatan, aku mencoba mengenalkan rasa ke mereka
sedikit demi sedikit dan biar lama-lama jadi terbiasa

Beef Teriyaki, kalau yang ini kesukaanku ...
emhhhh .... soo yummy ....

Nugget tempe, papito aku and ghaisan juga suka lhoo...
ini versi sehat sekali jadi cocok sekali untuk balita seperti ghaisan
(sekalian juga sih buatnya heheheheh ....)

Salad , ini yang paling aku suka ..... ^_^


Salad Ala Hoka-hoka Bento

Bahan:
3 buah wortel (yang impor yah ... rasanya lebih manis)
1 buah lobak
mayonise
1 sdm cuka 
1 sdt garam
1 sdt gula

Cara Membuatnya:
  • Kupas wortel dan lobak kemudian parut menggunakan parutan yang paling besar lubangnya (pisahkan wadah lobak dan wortel)
  • Masing-masing beri cuka, gula, dan garam
  • Aduk rata lalu masukkan dalam kulkas beberapa saat


Penyajian:
  • Beri mayonise di atasnya dan sedikit saus (aku ga pakai saus soalnya papitonya mulai meralang pemakaian saus, kurang baik bagi kesehatan kecuali buat sendiri ^_* )
Nah ... ini tingkah anak-anak jika sedang main bersama
lucu yah mereka ^_^ , love u my babies 




Wednesday, 14 March 2012

Rendang Daging

Ya ampun ... maaf ... maaf sekali ya...
kemarin ada yang tanya tentang postingan rendang, aku bilang ada d blog
ternyata pas aku lihat-lihat belum aku pindahkan dari face book
maaf ya ...jangan marah yah sama aku ^_^


ini juga foto nya ga cantik heheehhe
ini foto rendang baru diangkat setelah pemasakan pertama

Rendang Daging

Bahan:
Daging sapi has 500 gr potong-potong
santan kental 1000 ml 
santan cair 1000 ml
2 batang serai memarkan
5 lbr daun jeruk purut
i lbr daun kunyit, sobek-sobek
2 buah asam kandis

Bumbu Halus:
250 gr cabe merah
4 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1 ruas jahe
2 ruas kunyit
4 cm lengkuas
garam secukupnya


Cara membuatnya:
  1. Rebus santan cair, serai, daun jeruk, daun kunyit, asam, bumbu halus dimasak hingga mendidih
  2. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong, masak lagi hingga santannya kental
  3. Masukkan santan kental, masak hingga hampir kering. Aduk-aduk hingga rendang kecoklatan dan berminyak
  4. Sajikan dehhh ^_^

Tips:
  1. Sebaiknya masak rendang buatnya agak banyak misal 2kg, karena untuk menghasilkan rendang dengan warna yang kehitaman itu membutuhkan waktu beberapa hari (2 hari)
  2. Menghangatkan daging dilakukan 2x sehari pagi dan sore ngan menggunakan api kecil dan jangan lupa di aduk yah
  3. Selain warnanya jadi kehitaman pada daging hasil akhirnya bumbu pun lebih menyerap dan daging tidak alot ^_* 
Aku dapat tips ini dari mertuanya kakak ku
masaknya jago sekali and enak rasa nya
dulu sewaktu masih muda beliau punya catring
soo .. pengalamannya tidak diragukan lagi ^_^