My Blog List

Friday 6 January 2012

pure semangka

Setelah lulus mamam pure banana, pure avokado, sekarang giliran memperkenalkan pure semangka. apalagi ini buah kesukaan mommy nya hehehehehe, buah yang segar dan manis rasanya....^^ oya....semangka di percaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali di panen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu buah ini di pakai untuk acara penguburan raja2 agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. 

Dan dari sanalah buah ini d bawa keliling ke negara-negara di dunia. Warna merah pada buah menandakan tingginya kadar "Likopen", salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Karena itulah memakan buah semangka yang berwarna merah lebih dianjurkan dari pada semangka yang berwarna kuning. Dibandingkan senyawa antioksidan lainnya, khususnya vitamin C dan vitamin E kekuatan likopennya memerangi radikal jauh lebih ampuh. Setiap satu molekul likopen mampu menghabisi beberapa molekul radikal bebas sekaligus. Bahkan, likopen dibantu dengan zat antioksidan lain, yakni betakaroten mampu menyegarkan kembali sel-sel yang telah layu yang sudah terlanjur dirusak oleh radikal bebas. semangka juga termasuk buah yang paling kaya kandungan likopennya, yang mampu menumpas bibit kanker. 

Mengkonsumsinya setiap hari pun tidak masalah, justru dapat menyusutkan resiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita beresiko tinggi yang sehari-hari dietnya sarat kalori/gula/lemak tapi miskin akan buah dan sayuran. 

Manfaat lain dari semangka: 
1. Mencegah sariawan dengan ampuh 
2. Menurunkan demam 
3. Mempergiat kerja jantung 
4. Berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil 
5. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat
6. Sangat baik bagi pengidap hipertensi, kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah 
7. teman baik bagi yang sedang diet, karena bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan memiliki kadar air yang melimpah sehingga bersifat mengenyangkan di dalam lambung. 

Likopen dalam semangka juga menyumbangkan khasiat khusus untuk pria menikah, karena bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. hehehehe....banyak skali yah manfaatnya ....^^
bahan :
50 gram Semangka

caranya :
- Semangka dipotong-potong
- semangka langsung disaring (sambil dibenyek-benyek dengan sendok).
- Segera berikan pada bayi

No comments:

Post a Comment