My Blog List

Saturday 21 October 2017

Bubur Manado "ANTI PELET"

Siang tadi aku agak bingung mau masak menu apa ya ? Coba kita lihat ada apa sajakah isi dalam lemari es. Sepertinya enak juga kalau buat bubur manado. Tapi bubur manadonya ala diriku, yang menggunakan bahannya disekitaran rumah dan dapurku saja ya ^_^.

Ku ambil beras menggunakan gelas belimbing dua kali, gelas belimbing itu gelas bening yang biasanya dipakai untuk minum kopi di WARTEG. Cuci bersih berasnya lalu masukkan dalam panci dan beri 3 litter air, jika ada pakai air kaldu lebih enak. Kemudian beri sejumput garam dan penydap makanan alami.

Kutengok di lemari es ada jagung pipilan, kumasukkan setengah bungkus. Kira-kira 3 gelas belimbing. Serainya jangan lupa, dua batang saja yang di geprek dulu. Mari kita mulai menyalakan kompornya , jangan lupa di aduk terus ya.

Teringat masih ada daun kelor simpanan ku di lemari es, sengaja kukeringkan. Jadi bisa kupakai kapan pun akum mau. Sebab daun kelor begitu banyak manfaatnya. Bahkan ada yang mengatakan ini daun sakti. Ku masukkan daun kelor itu secukupnya, dengan kuremas saja untuk memudahkan merontokkan daunnya dari batangnya. Bahkan ada yang mengatakan daun kelor itu membuat seseorang yang pakai susuk bisa lepas susuknya, ada juga yang mengatakan tidak akan kena pelet jika kita makan daun kelor. Antara mitos dan ilmiah sama banyak nya berita si daun kelor ini

Terakhir kumasukkan 3 buah kimpul, yaitu umbi dari talas yang kadar gulanya paling rendah dari semua umbi yang ada. Makanya biasa digunakan sebagai camilan penderita diabetes. Dan ini ku dapat dari kebun belakang rumah. Kenapa aku pakai kimpul? Karena nanti saat bubur sudah matang jadinya akan lembut dan enak sekali. Eh, tunggu dulu masih ada sepotong labu kuning. Sekalian saja aku masukkan, sayang nanti kalau tak termakan.

Aduk-aduk terus sampai matang, kira-kira 30 menit. Dan sambil menungu matang, siapkan bahan buat sambalnya. Mungkin buat sebagian orang ini sambal tidak pedas, karena aku tidak suka pedas. Sambal ala diriku menggunakan dua buah tomat ukuran sedang, 7 buah camai merah yang keduanya aku goreng sampai layu. Angkat, lalu tambah gula dan garam sesuai selera dan di blender. Jadi deh .. tinggal ditata dan siap dinikmati. Bubur Manado “Anti Pelet” dan anti berenti makannya kalau belum habis ^_^. Selamat menikmati ..







#30DayWritingChallange #Jilid9 #Day 10

No comments:

Post a Comment