My Blog List

Tuesday 24 October 2017

Etika


Hargai orang lain seperti kamu ingin dihargai. Sopan santaun adalah hal yang sangat penting. Karenanya harus dibiasakan dari kecil. Bahkan dalam agama Islam yang yang pertama diajarkan pada anak adalah mengenai akhlak. Karena sesuatu yang biasa dilakukan akan menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi karakter seseorang.

Kebiasaan juga dapat berakibat pada lingkungan dan alam. Seperti kebiasaan membuang sanpah pada tempatnya. Meskipun sampah terkecil sekalipun. Dan ini juga menjadikan seseorang terbiasa menyukai hal yang bersih atau menyukai hal yang yang sebaliknya yaitu kotor.

Selalu menghargai lawan bicara juga merupakan hal yang harus dibiasakan. Karena nya akan membuat seseorang itu menjadi menyenangkan dan dapat di terima dimanapun. Contoh saja, jika kita sedang berbicara dengan seseorang, lalu ada orang lain yang tiba-tiba datang mengajak berbicara maka yang tadi sedang berbicara salah satunya jika ingin menjawab pertanyaan pihak ketiga tersebut harus meminta ijin terlebih dahulu pada lawan bicaranya. Hal seperti ini terlihat sepele, namun ini adalah dasar dari sikap seseorang yang bisa menghargai orang lain.

Sopan santun adalah akhlak, juga dapat dikatakan etika. Tak ada satu orang pun yang tidak menyukai melihat orang yang memiliki etika yang baik. Bahkan banyak orang yang kurang menyukai kebalikan dari nya seperti egois. Seseorang yang egois terkadang lebih banyak merugikan sekitarnya, bahkan orang banyak. Dan dampaknya juga tidak baik terhadap dirinya sendiri.

Jadi, berahlak lah yang baik dengan menerapkan etika atau sopan santun dengan acuan perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

 

#30DayWritingChallange #jilid9 #Squad1 #Day14

No comments:

Post a Comment