My Blog List

Saturday 28 October 2017

Potensi

Setiap insan memang memiliki sisi positif dan negatif. Tinggal bagaimana kita meminimalisir sisi negatif nya saja. Dan mengembangkan sisi positifnya. Walau terkadang lebih mudah menjalaninya untuk diri sendiri jika dibandingkan kepada orang lain. Karena kesadaran orang yang berbeda. Dan yang paling mengetahui kebutuhan akan diri kita adalah kita sendiri.

Padahal dari segi ke egoisan seseorang, hampir smua orang senang akan dipuja dan dipuji. Dan semua orang juga senang mendengar kabar gembira. Namun, ada juga segelintir orang yang senang menjual akan penderitaannya. Tanpa mereka sadari, orang akan berada pada titik jenuh mendengarkan keluh kesah mereka.

Sebetulnya keluh kesah akan penderitaan mereka itu bisa dijadikan sisi positif. Misalnya saja mereka tuangkan segala resah gelisah yang mereka rasakan itu pada tulisan. Karena terkadang orang hanya membutuhkan tempat untuk mencurahkan rasa yang dirasakan nya saja. Boleh jadi dari tulisan yang ia tuangkan, akan mengalir solusinya, sehingga ia menemukan jawabannya sendiri. Dan bila ia tuangkan dalam tulisan tersebut maka akan bermanfaat juga bagi orang lain yang membacanya.

Jangan malu, atau tidak percaya diri dengan tulisanmu. Tulisan yang disampaikan dari hati akan sampai pada pembacanya. Tulisan tidak selalu harus melalui riset ilmiah, bisa juga dengan pengalaman diri atau pengalaman sekitar kita. Hanya saja ada beberapa kaidah dalam penilisan yang harus diperhatikan.

Bahkan jika dirasa pengalaman nya agak sedikit kurang menarik, bisa disisipkan fiksi didalamnya. Sehingga menjadikan imajinasi sang penulis bermain. Apa yang dialaminya bisa menjadi apa yang diinginkannya sesuai imajinasinya. Dan hal ini bisa menjadi solusi baginya dalam menghadapi permasalahannya. Bahkan dapat menjadi obat bagi pembacanya.

Ini pula lah yang bisa menjadikan potensi baru bagi seseorang. Hal negatif dijadikan positif adalah ide yang sangat cemerlang. Ide cemerlang menghasilkan jiwa yang sehat. Jadi, mari kita gali potensi kita. Kembangkan terus kearah sisi positif. Jadikan diri kita sebagai individu yang memiliki kualitas unggul diantara begitu banyak sisi negatif yang ada pada diri kita masing-masing.


#30DdaywritingChallange #Jilid9 #Squad1 #Day19

No comments:

Post a Comment