My Blog List

Monday 23 January 2012

Buah Kemang

Belajar sedikit yah temansssss ^^

Klasifikasi ilmiah: 
Kerajaan             : Plantae
Filum                   : Magnoliophyta
Kelas                    : Magnoliopsida
Ordo                     : Sapindales
Famili                   : Anacardiaceae
Genus                   : Mangifera
Spesies                 : Mangifera Kemanga
Sinonim                : Mangifera Polycarpa, Mangifera Caesia
Nama Binomial   : Mangifera Kemanga
(Blume, 1850)


Kemang biasanya ditanam di pekarangan dan dikebun-kebun serta di pinggiran/bantaran sungai. Perbanyakan tanaman kemang tidak terlalu sulit, umumnya dengan cara mengecambahkan bijinya. Namun dimungkinkan pula dengan cara enten.

Kemang (Mangifera Kemanga) merupakan tanaman yang mulai langka di Indonesia. Padahal, konon dari nama pohon sejenis mangga ini nama daerah Kemang di Jakarta berasal dari pohon kemang yang mempunyai bau khas yang menusuk dengan rasa yang masam manis.  Buah ini juga telah ditetapkam sebagai flora identitas kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, tumbuhan ini mulai langka dan sulit ditemukan.

Di sekitar Kabupaten Bogor, tumbuhan ini banyak dibudidayakan sehingga tidak mengherankan jika kemudian berdasarkan SK Bupati Nomor 522/185/kpts/Huk/1996, kemang ditetapkan sebagai flora identitas Kabupaten Bogor.

Aku aza kemarin beli buah ini sampai salah mengenalinya :P , aku kira kesemek hehehehe. And yang bikin malunya lagi, tukang buahnya sampai bilang "teteh orang bogor atau bukan sih?" hehehehehe....padahal aku tulen asli Bogor.... habis lama sekali ga mamam buah ini...duluuu sekali waktu masih kecil...

Kemarin beli buah ini karena papitonya belum pernah coba. Ga taunya papitonya ga tahan, katanya masammmmmm....padahal klo menurutku enak kok segerrrr xixixixixi :P

1 comment:

  1. sis,,,skrg msh ada kah yg jual kemang??temanku lg nyari bwt obat,,,

    ReplyDelete