My Blog List

Monday 12 December 2011

combro -----oncom di jero/ di dalam

Yang ini kesukaan mamahku....sayang aku belum sempat buatkan ini dulu buat mamah ku tersayang dengan tanganku sendiri. and saat itu juga aku belum tau combro yang enak cara membuatnya...biasanya klo buat tidak renyah...alias basah. jadinya dulu kalau mamah mau aku beli dulu ke tempat yang buat comronya renyah...n sekarang aku baru tau rahasianya...hasil uji cobaku sendiri...
oooo..yah, Silakan menambahkan jika ada bahan yang kurang, ada yang menambahkan kemangi supaya wangi, tapi anak2 kurang suka. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan. Senang sekali kalau ada yg mau berbagi resep favorit, karena ini kesukaan seisi rumah
Jika tidak ada oncom,apa boleh buat, pakai tempe dihancurkan, mungkin bisa membantu kerinduan akan combro

Resep Combro
Bahan kulit:
300 gram singkong parut, peras sampai airnya berkurang 1/2
1 sdt garam
100 gram kelapa parut kasar
minyak untuk menggoreng
aku tambah 2 sendok margarin

Bahan isi:
200 gr oncom, cincang kasar
1 batang daun bawang, iris halus
1 1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 sdm minyak untuk menumis
segenggam daun kemangi, iris halus (saya tidak pakai)

Bumbu halus:
3 buah cabai merah besar
2 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1cm kencur

Cara membuat:

  1. Isi, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan oncom. Aduk rata. Masukkan garam, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata, sisihkan.
  2. Kulit: aduk rata singkong, garam,margarin dan kelapa parut.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk oval.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Bikin sendiri,aaaah, daripada, beli gorengan di pinggir jalan, minyaknya takuuut ah.
oya...jadinya renyahhh...skali....daniel aza suka skaliiii ^^

No comments:

Post a Comment