My Blog List

Monday 12 December 2011

ToNgSeNg


Dulu waktu aku masih kerja d kawasan segitiga emas itu aku paling ga mau makan yang namanya tongseng...habis suka di takut-takuti sama teman-teman kerjaku...sampai some day aku di ajakin makan tongseng sama suamiku...and aku pikir ga ada yang salah yah sama rasa tongseng and kenapa gak aku coba buat...sooooo......
My first "TongSeng"  secara busu butuh makanan yg mengenyangkan kan....xixixixixixi alasan.com aza kali yahhhhhh.
Bahan:
1.1/2 kg Daging kambing (aku pakai daging sapi)
2.santan dari 1 kelapa
3.10 siung bawang merah--4 siung putih
4.4 butir kemiri
5.bumbu dapur (jahe,kunyit,lengkuas,serai,daun jeruk--salam)
6.2 buah tomat hijau/merah
7.cabe rawit
8.kol
9.kecap manis
Cara:
1.Rebus daging hingga empuk (kuahnya jgn di buang)
2.haluskan semua bumbu2 tadi kecuali tomat & cabe,daun jeru--salam,serai
bagi jadi 2.3/4 buat kuah kare,1/4 buat tumisnya
3.ambil bumbu yg 3/4 tadi,tumis di minyak panas (api kecil ) lalu masukkan ke dlm kaldu dging tadi,kasih santan
4.tambahkan garam,gula,vetsin.
5,setelah mendidih angkat
potong daging sebesar dadu,kol pisahkan dari kuah kaldu
6.siapkan penggorengan
7.ambil bumbu yg 1/4 tadi,geprak bawang putih 3 siung,tumis setelah tercium bau harum masukkan kaldu tadi,masukkan daging,kol.
8.masukkan tomat,kecap manis dan cabe rawit (sudah diiris kecil2)


^^

No comments:

Post a Comment